Latest News

Artikel Komputer dan Cara Kerjanya

Pembahasan pada artikel komputer kali ini tentang cara kerja maupun jenis komputer. Seperti kita tahu, umumnya kita mengenal komputer sebagai bentuk personal komputer (PC) yang ada di rumah atau kantor. Padahal jenis dan bentuk komputer sangat banyak sekali dengan tugas dan fungsi yang juga lebh spesifik.

Pada awal pekembangan komputer dulu, banyak peralatan yang berisi sirkuit elektronik seperti komputer namun memenuhi syarat ‘turing-lengkap’ yang dibuat dalam chip ROM. Termasuk jenis komputer benam atau embedded komputer yang juga dikenal sebagai mikrokontroler.

artikel komputer


Namun tak jarang orang yang merasa bingung dengan cakupan istilah komputer tersebut dan lebih senang mengenakannya sebagai istilah yang berfungsi sebagai pengolah informasi ketimbang menggambarkannya sebagai bagian dari sebuah sistem yang besar dan rumit. Sehingga kata atau pengertian komputer lebih digunakan untuk menunjuk pada komputer pribadi (PC), komputer kerangka utama, ataupun minikomputer.

Komputer sebagai alat pengolah informasi pertama kali dibuat berdasarkan arsitektur yang dirancang oleh John von Neumann. Rancangan yang dibuat tahun 1940-an ini memberikan uraian tentang komputer yang terbagi dalam 4 bagian utama. Bagian itu meliputi unit aritmatika dan logis (ALU), unit kontrol, memori, dan bagian untuk memasukan dan keluaran hasil yang dinamakan I/O. Berbagai bagian inilah yang kemudian dihubungkan dengan ‘bus’.

Namun ketika komputer digital mulai menggusur konsep lama, bagian-bagian dari system komputer pun mengalami perkembangan yang luar biasa. Mekipun demikian cakupan pengertian komputer sebagai pengolahan informasi tidak banyak mengalami perubahan. Begitu juga ketika membicarakan tentang komputer modern, cakupan yang membedakannya dengan alat hitung lama lebih pada pemrogramannya.

Begitu juga dengan bentuk atau jenis komputer masa depan, diyakini bahwa hal itu akan bisa diciptakan berdasarkan system kerja komputer yang ada sekarang. Syarat utama yang dikenakan pada aplikasi mesin dan alat baru lebih tertuju pada konsep turing universal yang dibangun berdasarkan ‘turing-lengkap’ yang dibangun dalam chip ROM.

Demikianlah informasi tentang cara kerja maupun macam komputer yang pernah ada dalam sejarah. Semoga artikel komputer ini berguna untuk menambah pengetahuan anda tentang komputer, apalagi perkembangan teknologi ini akan terus berkembang dengan pesat.

Sumber : internet.artikel2.com

0 Response to "Artikel Komputer dan Cara Kerjanya"